EKSPLORASI,
ELABORASI, DAN KONFIRMASI merupakan 3 istilah yang saat ini sedang
“ngetrend” dikalangan para guru. Kala dihadapkan pada pertanyaan ; “Apa sih pengertian dari
ketiga istilah tersebut yang ada dalam RPP dan bagaimana penerapannya dalam kegiatan pembelajaran ?”, ternyata
banyak para guru yang belum memahaminya.
Nah … , Saya memberi solusinya ketiga istilah tersebut,
Berikut adalah hasil ;
A. Definisi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:
1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru.
2. Elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat.
3. Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan
B. Aplikasi ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran
Pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah
sebagai berikut ;
1. Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun
informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi,
memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik
mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada
peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah
Peserta didik :
- menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan
- mengumpulkan dan mengolah data
Guru :
- menggunakan berbagai pendekatan dan media
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta
didik dengan sumber belajar
- melibatkan peserta didik secara aktif
2. Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil
eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu,
menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu,
membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta
didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan
menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah
Peserta didik :
- melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan santun
Guru :
- memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah,
bertindak tanpa rasa takut
- memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi
3. Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi
Peserta didik :
- melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
Guru :
- memberi umpan balik positif kepada peserta didik
- memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
- memberi motivasi kepada peserta didik
dikutip dari alenmarlissmpn1gresik.wordpress.com ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mendownload RPP, Silabus, Promes, SK KD, KKM, Program Semester, atau tidak menemukan apa yang Anda cari segera kunjungi RPP - Silabus SD SMP SMA SMK di dalamnya sudah lengkap segala yang Anda butuhkan.
-------------------------------------------------------------------------------
“ngetrend” dikalangan para guru. Kala dihadapkan pada pertanyaan ; “Apa sih pengertian dari
ketiga istilah tersebut yang ada dalam RPP dan bagaimana penerapannya dalam kegiatan pembelajaran ?”, ternyata
banyak para guru yang belum memahaminya.
Nah … , Saya memberi solusinya ketiga istilah tersebut,
Berikut adalah hasil ;
A. Definisi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:
1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru.
2. Elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat.
3. Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan
B. Aplikasi ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran
Pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah
sebagai berikut ;
1. Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun
informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi,
memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik
mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada
peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah
Peserta didik :
- menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan
- mengumpulkan dan mengolah data
Guru :
- menggunakan berbagai pendekatan dan media
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta
didik dengan sumber belajar
- melibatkan peserta didik secara aktif
2. Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil
eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu,
menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu,
membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta
didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan
menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah
Peserta didik :
- melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan santun
Guru :
- memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah,
bertindak tanpa rasa takut
- memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi
3. Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi
Peserta didik :
- melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
Guru :
- memberi umpan balik positif kepada peserta didik
- memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
- memberi motivasi kepada peserta didik
dikutip dari alenmarlissmpn1gresik.wordpress.com ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mendownload RPP, Silabus, Promes, SK KD, KKM, Program Semester, atau tidak menemukan apa yang Anda cari segera kunjungi RPP - Silabus SD SMP SMA SMK di dalamnya sudah lengkap segala yang Anda butuhkan.
-------------------------------------------------------------------------------
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
RPP
Kelas/Semester
: XII / 5.
Alokasi waktu
: 4 x 45 menit.
Standar Kompetensi
: Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
: Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
Indikator
:
- Data disajikan dalam bentuk tabel.
- Data disajikan dalam bentuk diagram.
- Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dan tabel serta kegunaanya.
- Membaca dan membuat histogram beserta kegunaanya.
- Membuat poligon frekuensi dan kurva ogive beserta kegunaanya.
- Materi Ajar
- Tabel dan diagram
- Metode Pembelajaran
- Pemberian tugas.
- Tanya jawab.
- Diskusi
- Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (15 menit)
- Salam, memeriksa kesiapan siswa
- ………………
Apersepsi
: Mengingat kembali mengenai penulisan data tunggal maupun
kelompok, membahas PR.
Motivasi
: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat membaca dan membuat sajian data dalam bentuk tabel dan bentuk
diagram.
- Kegiatan Inti
Dalam proses pembelajaran untuk
mencapai kompetensi ini guru melakukan
- Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
1. Memberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk
tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
2 Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata mengenai
cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan
membuat data dalam bentuk diagram.
3
Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel
(daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram berhubungan
dengan penyelesaian suatu soal.
4. Melibatkan peserta
didik dalam membahas contoh dalam Buku : Bahan Ajar Matematika
Pariwisata mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar),
cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
…………………..
- Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
1. Membiasakan peserta didik
membaca dan membuat data dalam bentuk tabel atau diagram.
2 Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada
buku ajar matematika pariwisata untuk dikerjakan secara individual.
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
guru:
- Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
- Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.
- Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
- Memberikan motivasi kepada peserta didi yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
- Kegiatan Akhir
- Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
- Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
- Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata 3 tentang Statistik.
- Sumber lain yang relevan.
- PENILAIAN
Teknik
: Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
Bentuk Instrumen
: Tertulis uraian singkat dan pilihan
ganda, Lesan.
Contoh Instrumen
:
1. Dari 210
siswa baru SMK “XX” tercatat 60 siswa memilih Program keahlian A, 70
siswa memilih Program keahlian B dan 45 siswa memilih Program keahlian C serta
sisanya memilih Program keahlian D. Jika dibuat diagram lingkaran, maka juring
untuk program keahlian D mempunyai sudut pusat ….
- 35o
- 60o
- 70o
- 120o
- 210o
2.Perhatikan data nilai suatu mata
diklat berikut :
Nilai
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Frekuensi
|
2
|
4
|
7
|
7
|
3
|
2
|
Dengan dasar data di atas, seorang
siswa diwajibkan mengikuti Remidi (Perbaikan)apabila nilainya di bawah rata
rata. Banyaknya siswa yang tidak mengikuti Remidi adalah ….
- 2 orang
- 5 orang
- 12 orang
- 13 orang
- 19 orang
3.Berikut ini adalah kurva Ogive
tinggi badan 50 siswa
Dengan membaca kurva di atas ,
pernyataan berikut yang benar adalah ….
- 10 siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
- 10 siswa tinggi badannya sama dengan 149,5 cm
- 10 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
- 14 siswa siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
- 14 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
4.Dengan memperhatikan tabel di
samping rata-ratanya adalah ….
|
|
5.Diagram lingkaran berikut adalah
jenis ekstra kurikuler di suatu SMK yang diikuti oleh 500 siswanya. Banyaknya
siswa yang tidak mengikuti ekstra paskibra adalah ….
|
Kunci Jawaban :
- b
- c
- a
- a
- d
Norma penilaian
Nomor 1 benar nilai 20
Nomor 2 benar nilai 20
Nomor 3 benar nilai 20
Nomor 4 benar nilai 20
Nomor 5 benar nilai 20 +
Jumlah Nilai = 100
Mengetahui
Kepala SMKN 6 Semarang
Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd.
Nika Dewi Indriati,S.Pd
NIP 19621219 199303 1 007
NIP. 19760125 200212 2 003
2.
Contoh Draft RPP Bernuansa Karakter pola EEK
Secara pribadi, saya lebih suka
menggunakan istilah DRAFT untuk data berikut. Mengapa? Karena
contoh-contoh bentuk kegiatan dalam tahapan eksplorasi, elaborasi masih belum
lengkap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar