I.
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Program pendidikan untuk anak
merupakan salah satu unsur atau komponen dalam penyelenggaraan pendidikan anak
usia dini, keberadaam program ini sangat penting sebab melalui program inilah
semua rencana, pelaksanaan, pengembangan, penilaian dikendalikan. Dalam hal ini
penyelenggaraan pendidikan yang dinaungi oleh Departemen Pendidikan Nasional
yaitu TK (Taman Kanak-kanak) juga ikut serta menyukseskan program pendidikan
anak usia dini.
Kenyataan menunjukkan bahwa
pembelajaran di tingkat TK Annisa Fitria seringkali kurang menarik bagi anak.
Ada beberapa hal yang menyebabkan demikian, diantaranya adalah bahasa tubuh
guru yang masih kaku, penyajian yang kurang menarik, dan alat peraga yang
sangat minim. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) guru dan anak
didik kurang begitu semangat anak cenderung bosan dengan tugas yang diberikan
dan akhirnya menyepelekkan pelajaran akibatnya proses KBM (Kegiatan Belajar
Mengajar) terhambat dan kurang maksimal. Karena minimnya alat peraga di TK
Lestari Mulyo Desa Kepohkenconokegiatan belajar berhitung hanya menggunakan
media papan tulis dan pohon hitung saja. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat
belajar, semangat dan kemampuan anak dalam pembelajaran berhitung. Ini
dibuktikan dengan hasil pekerjaan anak pada tiap tengah semester. Dari 30 anak
hanya 10 anak yang sudah mampu berhitung sebagian lainnya masih perlu bimbingan
guru ternyata anak yang belum mampu berhitung belum dapat menggunakan media
yaitu dengan menggunakan jari-jari tangan.
Sebagai guru TK menyadari bahwa
pendidikan di tingkat TK, media (alat peraga) sangat diperlukan. Karena
pembelajaran di TK disampaikan dengan cara bermain maka dengan melakukan
penelitian tindakan kelas yang bertujuan dapat memperbaiki kemampuan berhitung
anak TK Annisa Fitria .
Dari Maria Montesori berpendapat
bahwa anak-anak belajar melalui tangannya. Karena itulah, bila guru menjelaskan
sebuah materi diharapkan anak-anak mengenal yang konkret, semi abstrak dan
abstrak. Montesori berprinsip pendidikan harus berpegang pada keseimbangan
(cosmic plan). Karena itu dia menciptakan alat peraga yang berupa duplikasi.
Untuk menjelaskan tentang pohon, guru tidak harus menebang pohon melainkan
dengan alat peraga.
Berdasarkan uraian tersebut di atas,
maka penulis mengambil judul “Upaya Meningkatkan Berhitung Matematika Permulaan
Menggunakan Strategi Bermain di TK TK Annisa Fitria Depok”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar