ads head

Advertisement

Kamis, 09 November 2017

Pentingnya media sosial untuk memperoleh informasi



Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti Blog, Facebook, Twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Modernisasi yang kini berlangsung ditAndai kehadiran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti internet atau media online telah banyak memberi kemudahan bagi manusia terutama dalam melangsungkan aktivitas komunikasi atau pertukaran informasi sehingga dapat menunjang terhadap kehidupan yang semakin praktis, efisien dan dinamis.
Akbar (2006:16) menyebutkan, kehadiran internet memungkinkan terjadinya revolusi informasi, menjadikan informasi berada di mana-mana dan dapat diakses dari manapun juga sehingga dijamin manusia tak kekurangan informasi.
Kehadiran internet sebagai media baru (new media) yang semakin hari semakin dimanfaatkan kalangan masyarakat luas dari berbagai lapisan untuk berkomunikasi, kemudian lahirlah istilah baru yang sering disebut media sosial.
Media sosial dalam tulisan ini dimaksudkan sebagai bagian dari media online di mana para penggunanya dapat melakukan interaksi secaramudah untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.
Beragam media sosial yang selama ini banyak digunakan seperti: blog pribadi, Friendster, LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+, dan diperkirakan akan terus berkembang seiring akselerasi di bidang teknologi. Di antara ragam media sosial maupun jejaring sosial, ternyata paling banyak diminati yaitu Facebook, Myspace, Plurk, dan Twitter, sehingga kalau misalnya media atau jejaring sosial ini tutup maka akan banyak orang yang merasa kehilangan.
Dari paparan tersebut, menggambarkan bahwa media sosial merupakan sarana atau wadah komunikasi antarpengguna media online/internet untuk saling melakukan kontak atau saling berinteraksi/bertukar informasi, semua pengguna dapat bebas berpartisipasi, mulai dari membahas topik-topik masalah yang bersifat umum (general topic) hingga yang bersifat personal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan