Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif
karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih
luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi
banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau
pelanggan dan klien. Media sosial sperti Blog, Facebook, Twitter, dab youtube
memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media
konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Modernisasi yang kini berlangsung ditAndai kehadiran
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti internet atau media online
telah banyak memberi kemudahan bagi manusia terutama dalam melangsungkan
aktivitas komunikasi atau pertukaran informasi sehingga dapat menunjang terhadap
kehidupan yang semakin praktis, efisien dan dinamis.
Akbar (2006:16) menyebutkan, kehadiran internet memungkinkan
terjadinya revolusi informasi, menjadikan informasi berada di mana-mana dan
dapat diakses dari manapun juga sehingga dijamin manusia tak kekurangan
informasi.
Kehadiran internet sebagai media baru (new media) yang
semakin hari semakin dimanfaatkan kalangan masyarakat luas dari berbagai
lapisan untuk berkomunikasi, kemudian lahirlah istilah baru yang sering disebut
media sosial.
Media sosial dalam tulisan ini dimaksudkan sebagai bagian
dari media online di mana para penggunanya dapat melakukan interaksi
secaramudah untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Jejaring sosial dan wiki
merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di
seluruh dunia.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan
media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun
di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan
dan pertukaran user-generated content.
Beragam media sosial yang selama ini banyak digunakan
seperti: blog pribadi, Friendster, LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser,
Google+, dan diperkirakan akan terus berkembang seiring akselerasi di bidang
teknologi. Di antara ragam media sosial maupun jejaring sosial, ternyata paling
banyak diminati yaitu Facebook, Myspace, Plurk, dan Twitter, sehingga kalau
misalnya media atau jejaring sosial ini tutup maka akan banyak orang yang
merasa kehilangan.
Dari paparan tersebut,
menggambarkan bahwa media sosial merupakan sarana atau wadah komunikasi
antarpengguna media online/internet untuk saling melakukan kontak atau saling
berinteraksi/bertukar informasi, semua pengguna dapat bebas berpartisipasi,
mulai dari membahas topik-topik masalah yang bersifat umum (general topic) hingga yang bersifat
personal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar