ads head

Advertisement

Kamis, 09 November 2017

Pengertian Jaringan komunikasi dan media sosial


Pengertian Jaringan Komunikasi
Pengertian jaringan komunikasi menurut Rogers (1983) adalah suatu jaringan yang terdiri atas individu-individu yang saling berhubungan, yang dilambungkan oleh arus komunikasi yang terpola.
Hanneman dan Mc Ever dalam Djamali (1999) menyatakan bahwa jaringan komunikasi adalah pertukaran informasi yang terjadi secara teratur antara dua orang atau lebih.
Berger dan Chaffee mengutip pendapat Farace (1977) yang melihat jaringan komunikasi sebagai suatu pola yang teratur dari kontak antar personal yang dapat diidentifikasi sebagai pertukaran informasi yang dialami seseorang di dalam sistem sosialnya (Berger dan Chaffee. 1987:239).
Jadi, jaringan komunikasi adalah jaringan yang terdiri dari individu-individu yang saling terhubung dan terjadi pertukaran informasi yang memiliki pola yang teratur.

Pengertian Media Sosial
Menurut Wikipedia, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Menurut Sam Decker, media sosial adalah konten dan interaksi digital yang dibuat oleh dan antara orang yang satu dengan yang lainnya.
Menurut Chris Garrett, Media sosial adalah alat, jasa, dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan yang lain serta memiliki kepentingan atau ketertarikan yang sama.
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa media sosial adalah sebuah media online yang membentuk interaksi digital di antara penggunanya dan memberikan fasilitas untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan