ads head

Advertisement

Kamis, 09 November 2017

Pengertian Informasi

Menurut Jogiyanto HM., (1999: 692), informasi didefinisikan sebagai hasil dari suatu pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna serta lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian  yang nyata  yang digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan.
Menurut Anton M. Meliono (1990: 331), informasi ialah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut ialah untuk menghasilkan sebuah keputusan.
Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), informasi ialah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya serta bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Selanjutnya Estabrook mendefinisikan informasi sebagai suatu rekaman fenomena yang diamati atau bisa juga berupa putusan-putusa yang dibuat oleh seseorang. 

Berdasarkan besar dan banyaknya informasi yang ada di alam ini, hanya sebagian kecil saja yang berhasil dirasakan, didengar, dan direkam oleh manusia. Informasi yang hanya dirasakan, didengar, dan dilihat itu susah diolah karena ia akan menjurus kepada jenis informasi lisan. Informasi lisan ini lebih banyak dikembangkan oleh studi komunikasi. Orang pun tahu bahwa jenis komunikasi lisan jumlahnya sangat banyak, dan tentu saja lebih banyak dari jumlah manusia yang pernah ada. Akan tetapi, informasi yang sempat direkam dalam berbagai bentuk alat perekam inilah yang kelak bisa dikembangkan menjadi komoditas yang unggul dalam pola kehidupan manusia. Informasi terekam ini banyak dicari dan dimanfaatkan oleh manusia sesuai dengan kepentingannya. Meskipun telah dibatasi hanya pada jenis informasi terekam, namun itu pun ternyata jumlahnya masih sangat banyak karena menyangkut segala aspek kehidupan manusia yang semakin kompleks. 

Jadi, informasi adalah data atau fenomena yang menggambarkan kejadian-kejadian nyata yang kemudian direkam dan diolah oleh manusia untuk pengambilan keputusan saat ini maupun di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan