ads head

Advertisement

Minggu, 20 Agustus 2017

Penjelasan pasal 378 KUHP tentang penipuan

Berikut adalah penjelasan dari Pasal 378 KUHP tentang penipuan.

“Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun".

Gan/sis
Minta pendapat nya.

Seorang cewe yang telah saya kenal di sosmed, berinisial R asal pandeglang merantau ke tangerng mencari kerjaan.
Kami  berteman seminggu bercerita tentang hidup, bercanda , dll.
Suatu ketika si R kehabisan pulsa dia meminta saya mengisi nya, dan saya isikan  terus dia mengalami kesulitan karena sudah tidak bekerja dia butuh uang buat bayar kost dia juga udh 2 hari belum makan, dia sudah meminta sama teman2 nya namun ga dapat.
Kemudian dia meminta pada saya uang buat makan dan bayar kos, dan saya cuma bisa kasih uang buat makan aja saya transfrin. Dan kmudian dia menelpon saya becanda tawa, sampe akhir nya kami pacaran lewat sosmed tanpa sempat bertemu karena saya bekerja di luar kota saat itu adalah bulan ramadhan. Kmudian si R memberi kabar kepada orang tua nya di bilang baik2 aja di tangerang dan dia mengaku ke orang tua nya bahwa dia masih bekerja karena tidak mau orang tua nya pusing. Kemudian orang tua nya bertanya " R tanggal brpa kamu midik nak"  si R pun mnjawab " tanggal 21 bu" dan semua keluarga nya pun semakin lama bertanya kapan pulang dan dia menjawa " tanggal 21" dan mereka pikir si R masih bekerja dan mereka meminta oleh2 dari tangerang.
Kemudian si R pun bingung dan bercerita kepada saya, dia butuh uang buat mudik . Kmudian saya jga bingung dan saya pikir dia bakalan malu dan sedih bangt bakal kecewain keluarga nya kalo tau dia ga kerja. Dan saya pun berusaha mencarikan uang untuk menutupi masalah nya. Trus dia mudik. Beberapa hari setelh lebarn dia mengaku pada keluarga nya masih punya uang, padahal uang nya udh habis buat keluarga nya lebaran. Dan dia butuh uang lagi saya menjadi pusing, dan saya meminta nya jujur pada keluarga nya, kmudian dia lakukan. Legah saya namun dia masih butuh uang buat datang ke undangn pernikahan tmn nya. 3 teman dan 3 hari brturut2.
Saya merasa jadi cowo yang ga berguna kalo ga bisa kasih senang cewe saya. Jadi saya kirim kan lagi sekian uang. Dan dipekerjaan saya semakin lama semakin mengalami penurunan hasil, saya pun pusing.
Dan terus menerus saya kirimkan uang yang makin lama makin dikit. Si R pun juga tiba2 sedikit berubah sampe akir nya saya bertanya tentang sikap nya.
Knpa sulit di hubungi, dan di chat jga balas nya singkat, banyak pertanyaan jawaban nya cuma 1 pertanyaan yang di jawab. Sampe akir nya saya emosi saya marah pada nya. Dan dia pun kembali seperti semula, namun hanya sbntar saja dia berubah lagi, saya menanyakan apakah udah tercantol cowo lain. Dan saya meminta nya screenshoot daftar obrolan nya, namun ga di screenshoot. Tapi agak lama dia mengirimi gambar screenshoot. Saya lihat tidak ada apapa.  Dan sikap nya selalu berubah sampe akhir nya saya lihat comen2 di facebook nya. Ternyata banyak cowo yang udah dekat bngt sama dia.
Saya tidak tau siapa mreka. Dan saya terbakar cemburu buta, saya meminta dia untuk meminjamkan facebook nya selama 2 hari untuk melihat siapa mereka sebenar nya. Dia menolak dan saya terus meminta dan memohon agar tidak ada kejanggalan di hati saya. Namun tidak diberikan. Dan saya pun emosi memarahi dan menyaka nya selingkuh, dan si R pun tiba2 meminta mengakhiri hubungn. Saya tidak mau, karena masalah nya belum jelas.
Saya telpn susah sulit bangt untuk mndapat jawabn. Suatu ktika dia kembali merantau di tangerang, dengan izin orang tua nya mencari pekerjaan . Dan dia pun mengaku mendapatkan pekerjaan pada orang tua nya. Dan saya selidiki lewat vc tiap bbrpa jam sekali saya telpn. Dia mengangkat namun cuma sbntar selalu sebentar. Ktika di vc trnyata dia tidak bekerja lagi.
Saya kmudian saya tanya knpa bilang udh dapat krjaan sama klwarganya.  Dia mnjawab agar kluarga nya senang aja.
Dan kmudian dia mnelpon butuh uang buat makan ga punya uang dia nya saya kirim kn sedikit. Dan bbrapa hari kmudian. Dia mnlpon butuh uang buat ongkos interview kerjaan, saya pun senang kalo dia bekerja. Saya kirimkan uang nya. Dan seperti biasa saya selalu chat namus banyak di abaikan. Saya curiga lagi saya cuma kirimkan uang buat makan darimana uang bayar kos nya. Saya tanyakn dia bilang pinjam sama teman cowo nya dari kecil.
Saya masih curiga aja knpa bisa?
Suatu ktika saya meminta nya screenshoot detail foto dan trtangkap basah memiliki orang lain dibelakang saya lihat mereka dari foto kecil dibawah detail tsb mereka berfoto berdua  dengan senyuman pasangn.
Hati saya pun hancur sampe saat ini. Saya masih mengharapkan nya namun saya di blokir.
Dan saya fikir saya hanya di manfaatkan saja dengan kedok kesulitan nya tsb.

Menurut agan/sister gmna jika dilaporkan ke polisi atas yang dilakukan nya??
Mohon pendapat nya agan dan sister.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan