ads head

Advertisement

Rabu, 31 Oktober 2018

Teknik mengerjakan soal test CPNS menggunakan CAT.

Teknik mengerjakan soal test CPNS menggunakan CAT.

Tes CPNS Menggunakan CAT
Tidak bisa di pungkiri lagi menjadi PNS masih menjadi pekerjaan primadona yang masih sangat banyak diminati bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan membludaknya jumlah pelamar pada setiap kali ada penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini dapat dilihat dari jumlah pelamar yang mencapai puluhan ribu pelamar pada satu instansi dari tahun ke tahun.

Semakin membludaknya jumlah pelamar CPNS maka semakin ketat pula persaingan untuk lulus. Terlebih lagi saat ini Tes CPNS dilakukan secara online di seluruh Indonesia, sehingga tingkat kecurangan pada saat ujian sudah sangat minim.

Dalam mengerjakan Tes CPNS kali ini kita tidak hanya di tuntut teliti, tetapi kita juga harus lebih cerdas dalam menghadapinya. Tidak hanya cerdas dalam hal pengetahuan, tetapi harus cerdas pula dalam hal manajemen waktu. Hal ini dikarenakan dalam mengerjakan soal yang rumit dan panjang pula, kita diberikan waktu yang sangatlah terbatas. Jadi anda harus ekstra teliti dalam hal penggunaan waktu dalam mengerjakan soal Tes CPNS agar anda dapat menyelesaikan semua soal dengan baik tanpa bermasalah dengan waktu yang terbatas.

Untuk itulah kali ini mimin akan memberikan sedikit Teknik dalam mengerjakan soal Tes CPNS Menggunakan CAT, agar anda dapat mengerjakan semual soal tepat waktu. Silahkan disimak Tipsnya:

Penting!!! Jangan jadikan lulus PASSING GRADE (PG) sebagai target karena ketika anda lulus PG dan akan diranking untuk masuk ke SKB. Hanya 3x formasi yang akan masuk ke SKB, artinya jika kuota formasi hanya 5 berarti 3 x 5 = 15 orang aja yang akan maju ke test selanjutnya. Jadi kalo nilai anda pas-pasan maka kecil kemungkinan untuk lanjut ke test SKB.

1. Saat waktu ujian sudah dimulai

Saat waktu ujian sudah dimulai, pastikan mengerjakan soal yang paling mudah dlu, yaitu Test Karakteristik Pribadi (TKP) klo tahun kmrin itu soalnya mulai nomor 66-100 karena waktu yang dialokasikan hanya 90 menit untuk mengerjakan sebanyak 100 soal.

Soal TKP sangatlah mudah karena hanya memilih jawaban yang paling sesuai, dan disini anda diminta untuk munafik biar mendapatkan nilai tinggi. Untuk TKP skor passing grade minimal 143, di soal TKP semua jawaban mempunyai nilai mulai 1-5 artinya walaupun hanya asal klik pasti dapat nilai, tapi ingat hanya jawaban yang terbaik yang mendapatkan poin tertinggi atau nilai 5, jadi jika anda memilih jawaban yang paling benar semua maka nilai anda 35 x 5 = 175.

yang terpenting ketika mengerjakan soal TKP jangan terlalu lama membaca soal agar kita bisa mendapatkan waktu lebih untuk mengerjakan soal TWK dan TIU. dlu mimin mengerjakan 35 soal dalam waktu 19 menit (ini masih termasuk lama) jadi masih ada waktu 71 menit untuk mengerjakan soal sebanyak 65. jadi ckup membaca soal sekilas dan memilih jawaban yang menurut anda paling benar, karena itu hargai waktu sebaik mungkin.

jadi ketika waktu sudah mulai, langsung aja ke soal TKP mulai di nomor 66-100 yah gaesss

2. Silahkan memilih TWK terlebih dahulu

Mengapa saya saranin TWK terlebih dahulu? Hal ini karena hanya berdasarkan ilmu pasti dan tidak menghitung. untuk soal TWK nilai passing gradenya 75 dan TIU nilainya 80, jika benar dapat nilai 5 jika salah gak akan mengurangi nilai yang ada. Jika bener smua nilainya juga sama yaitu 35 x 5 = 175. Minimal jawab benar 16 lah untuk nilai 80 jadi sudah di atas nilai PG, tapi lebih tinggi lebih baik.

3. Teknik mengerjakan soal TIU

Untuk soal TIU utamakan mengerjakan soal bahasa indonesia dlu contohnya yang mengenai sinonim, padanan kata, antonim, silogisme, karena tidak menguras waktu lama kemudia lanjut mengerjakan soal matematika. Untuk Matematika utamakan mengerjakan soal bercerita itu pastikan dibaca soalnya dulu baru dibaca ceritanya agar memudahkan mencari jawaban ketika membaca, dan kemudian lanjutkan dengan soal numeric karena mudah dicari jawabannya kemudian soal deret aritmatika.

4. Jika ada soal yang tidak bisa dikerjakan

Jika ada soal yang tidak bisa dikerjakan, jawab aja salah satunya sambil dicatat dikertas gunanya agar ketika masih ada waktu yang tersisa bisa kembali mengerjakan soal tersebut.

Ingat....!!!! Test CAT bukan hanya berdasarkan kecerdasan aja tapi juga kecerdasan dalam manajemen waktu (strategy). Lebih banyak latihan lebih baik.

Mimin doakan semoga semuanya lulus ditahap SKD... Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan