ads head

Advertisement

Senin, 04 Desember 2017

Pengertian Kitab Al-Qur’an dan Kitab Injil

Kata kitab berasal dari bahasa Arab (kataba-yaktubu-kitabatan-kitaban) yang artinya tulisan, arti kitab secara istilah adalah tulisan wahyu pada lembaran-lembaran yang terkumpul menjadi satu bentuk buku.

  •  Kitab Injil kepada Nabi Isa AS
Kitab Injil diberikan kepada Nabi Isa a.s putra Maryam.Kitab injil berbahasa Yunani yang dalam bahasa Arabnya berarti Albisyarah atau kabar gembira.Kitab Injil diturunkan sebagai pedoman untuk menyatakan keyakinan terhadap Allah SWT.Kitab Injil berisi tentang keterangan dan ajaran-ajaran yang membenarkan atau memperkuat ajaran yang terdapat dalam kitab-kitab sebelumnya, yakni Taurat dan Zabur.Hal ini sesuai firman Allah swt.sebagai berikut :

“Dan kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. dan kami Telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Maidah: 46).

  •  Kitab Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW
Pedoman umat Islam adalah Al-Qur'an.Al-Qur'an merupakan petunjuk untuk orang yang bertakwa atau hudal lil muttaqin.Al-Qur'an adalah Kitab suci terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.Al-Qur'an adalah Kitab suci yang berbahasa Arab.Hal ini sesuai firman Allah swt.sebagai berikut :

“Dan Demikianlah kami menurunkan Al Quran dalam bahasa Arab, dan kami Telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Quran itu menimbulkan pengajaran bagi mereka. “ (QS. Thaha: 113)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan